Balinese Dance Workshop pertama yang diadakan di area Greater Boston untuk publik, Maret tahun 2019

Posted on Posted in Education News, Programs & Events, USA

 

Washington DC, Indonesian Community of New England, Inc. (ICONE), dengan dukungan dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Washington DC, telah berhasil mengadakan kelas tari Bali (Balinese Dance Workshop) pertama yang pernah diadakan di area Greater Boston untuk khalayak publik pada bulan Maret tahun 2019. Kelas tari Bali ini merupakan salah satu dari berbagai kegiatan ICONE yang bertujuan untuk memperkenalkan seni budaya Indonesia di kawasan New England, Amerika Serikat.


WhatsApp Image 2019-05-15 at 11.00.11 AM

Gambar1 : Antusias peserta dalam acara Workshop Tari Bali, Maret 2019, Boston

Kelas diadakan dalam 3 pertemuan, setiap hari Sabtu mulai tanggal 9-23 Maret, 2019 di Green Street Studios, Cambridge, Massachusetts dan dipandu oleh instruktur tari I Made Subagiarta yang juga sedang menyelesaikan program Master di Harvard Medical School. Dalam kelas tari ini para peserta belajar gerakan- gerakan dasar tari Puspa Wresti, salah satu tari Bali populer yang mengisahkan turunnya para dewa ke bumi.

WhatsApp Image 2019-05-15 at 11.00.13 AM

Berpakaian sarung songket khas Bali, para peserta terlihat sangat bersemangat belajar menari dengan iringan musik gamelan Bali yang merdu. Hanya dalam kurun waktu tiga minggu, peserta telah berhasil menguasai berbagai gerakan fondasi tari Bali yang meliputi agem (sikap pokok), tandang (ragam gerak transisi antar gerakan pokok), dan tangkep (ekspresi wajah). Di akhir sesi kelas tari ini, peserta mendapatkan sertifikat kelulusan atas kerja keras mereka berlatih dan instruktur mendapatkan sertifikat penghargaan atas komitmennya dalam membimbing para peserta yang ditandatangi oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Ibu Popy Rufaidah dan President ICONE, Inc. Ibu Olla Chas.

WhatsApp Image 2019-05-15 at 11.00.12 AM

Indonesian Community of New England, Inc. sangat berterima kasih kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), khususnya Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Washington DC atas bantuan yang diberikan sehingga kelas tari Bali kami dapat terlaksana dengan baik. Jika tidak ada halangan, kami merencanakan untuk membuka kembali kelas tari Bali ini atau kelas tari daerah lainnya di term selanjutnya (Atd2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *