Program Bahasa Indonesia di Komunitas New England, Boston, 9 Maret – 20 April 2019

Posted on Posted in Education News, Programs & Events, USA

Washington DC, Untuk ke-5 kalinya, Indonesian Community of New England, Inc (ICONE, Inc.) kembali berhasil menyelesaikan program kelas Bahasa Indonesia semester pertama tahun ini yang dilaksanakan setiap hari Sabtu, pada tanggal 9 Maret hingga 20 April 2019. Program ini adalah salah satu bentuk upaya ICONE untuk memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia kepada penduduk lokal New England. Kelas Bahasa Indonesia ini diminati oleh penduduk lokal, terutama mereka yang mempunyai anggota keluarga yang berasal dari Indonesia dan mereka yang pernah atau akan mempunyai program kerja atau riset di Indonesia. Dipandu oleh pengajar Bahasa Indonesia yang sudah berpengalaman, Satyawidya Wulansari, para siswa dengan giat belajar berbahasa Indonesia di kelas kami yang kurikulumnya disusun agar suasana belajar menyenangkan.

WhatsApp Image 2019-05-15 at 11.01.15 AM (1)

Video kegiatan tersebut :  https://drive.google.com/file/d/1n1Gb3cAf6ke_LyYJEd2WLRCCVkxiejqf/view

Para siswa berlatih untuk bercakap-cakap, membaca, dan menulis melalui aktivitas kelas yang interaktif, permainan yang mendidik, dan kerja kelompok. Dengan kurikulum kelas kami yang mendukung, para siswa tidak hanya bisa belajar berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, tapi juga bisa lebih mendalami seluk beluk budaya Indonesia. Salah satu kegiatan di kelas yang paling disukai oleh para siswa adalah “Monster Kamu Yang Mana”. Di kegiatan ini, masing masing siswa diminta untuk menggambar monster lucu dan mendeskripsikan penampilan monster mereka kepada teman sekelasnya. Selain itu, para siswa juga menyukai kegiatan tanya jawab dengan teman-teman sekelas mereka. Dengan bertanya jawab, para siswa dapat mengembangkan kosakata bahasa Indonesia mereka dan juga dapat mendengarkan teman mereka berbicara dalam bahasa Indonesia.


WhatsApp Image 2019-05-15 at 11.01.16 AM (3)

Di akhir semester ini, para siswa kelas Beginner telah berhasil menggunakan bahasa Indonesia untuk memperkenalkan diri, menggambarkan penampilan mereka, dan bertanya jawab dengan memakai kalimat sederhana. Sementara itu, para siswa kelas Intermediate berhasil mengembangkan keterampilan berbahasa Indonesia yang telah mereka pelajari sebelumnya di tingkat Beginner, dan juga dapat merangkai kalimat yang lebih panjang dengan menerapkan awalan me-, di-, dan akhiran -an. Kami sangat berterima kasih kepada Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Washington DC, ibu Popy Rufaidah, yang telah mendukung ICONE, Inc. dalam pelaksanaan program kelas bahasa ini.

WhatsApp Image 2019-05-15 at 11.01.16 AM (1)

Selain itu kami juga berterimakasih kepada Noortitan Hartono, presiden perhimpunan mahasiswa Indonesia di MIT. Program kelas Bahasa Indonesia ini dapat terlaksana dengan baik berkat kepemimpinan Presiden ICONE, Inc., Ibu Olla Chas, dan bantuan Direktur Pendidikan, Seni, dan Budaya ICONE, Inc., Dhini Purnamasari, dalam mengatur pelaksanaan kelas secara berkesinambungan. Lain Lain/ Catatan ICONE, Inc. sangat berterima kasih kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), khususnya Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Washington DC atas bantuan yang diberikan sehingga kelas Bahasa Indonesia kami dapat terlaksana dengan baik. Kami berencana membuka kembali kelas Bahasa Indonesia di bulan September 2019.(Atd 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *