Tarian Saman tampil memukau Publik di US

Posted on Posted in Education News, Programs & Events, Uncategorized, USA

Washington DC. Pengiriman Misi Kebudayaan Indonesia ke Amerika Serikat yang diwakili oleh Sanggar Saman Kecapi Leuser Gayo adalah sebagai Cultural Performance pada kegiatan resepsi diplomatik Menandai End of Presidency Indonesia di Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat, pada akhir Mei 2019. Tarian 1000 tangan yang menakjubkan ini dibawakan  oleh Saman Kecapi Leuser Gayo group, yang berasal dari distrik Gayo Luwes, Aceh, Indonesia. Selain tampil di New York, sanggar ini juga memperlihatkan kebolehannya pada acara “Asian Pacific Heritage Month Celebration, Maryland, Baltimore.

saman

Video acara tersebut dapat dilihat dalam link : https://www.facebook.com/popy.rufaidah/videos/pcb.10156562812153425/10156563091658425/?type=3&theater

Tari Saman adalah sebuah tarian Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan Bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusiadalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011. 

saman2

Kegiatan performing Sanggar Saman Kecapi Leuser Gayo didukung sepeuhnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC, Amerika Serikat (AtdikbudDC)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *